PENTING GAK SIH “BRANDING” bagi PENGUSAHA PEMULA?

Dipublikasikan oleh asyikin pada

TAHUKAH ANDA bahwa Branding merupakan salah satu faktor yang cukup signifikan bagi pelanggan dalam memutuskan untuk membeli sesuatu ?.

Proses branding itu sendiri merupakan sebuah upaya untuk membentuk citra dan rasa keterikatan secara emosional antara pelanggan dengan merk produk serta perusahaannya dan juga upaya untuk membedakan diri dari pesaing. Upaya-upaya tersebut meliputi proses kreatif seperti pembuatan logo, penentuan slogan, mendefinisikan pesan yang hendak disampaikan, mengintegrasikan merk dengan kegiatan usaha, dan berbagai kegiatan kreatif lainnya yang bertujuan untuk membentuk persepsi pelanggan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap produk bermutu tinggi atau perusahaan yang bonafid selalu terkait dengan merk yang menarik, unik dan gampang untuk diingat. Dengan kata lain, kebanyakan bisnis-bisnis besar yang sukses berhasil menciptakan proses branding yang mampu menciptakan persepsi pada pelanggan untuk mengasosiasikan sebuah produk atau jasa tertentu terhadap sebuah merk.

Lantas, mengapa branding begitu penting bagi bisnis anda terutama para pengusaha pemula? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, lima poin berikut bisa menjadi acuan yang tepat:

1. Branding bisa menyampaikan pesan dengan jelas

Disini komunikasi memegang peranan yang cukup vital untuk menyampaikan pesan merk anda kepada para pelanggan.

Proses branding itu sendiri dalam hal ini merupakan sebuah metode komunikasi yang baik dan terarah. Sebuah merk yang baik mampu menyampaikan manfaatnya dengan jelas kepada pelanggan tanpa harus melibatkan proses periklanan yang cukup mahal.

Karenanya saat pelanggan menggunakan merk produk anda, mereka berharap bahwa merk itu mampu memberikan solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi. Sebab itu, saat membangun merk anda harus menentukan dimuka pesan seperti apa yang hendak disampaikan kepada pelanggan saat mereka menggunakan merk produk yang anda tawarkan.

Komunikasi yang baik merupakan salah satu elemen penting dalam proses branding untuk mengkomunikasikan manfaat merk terhadap para pelanggan dengan jelas.

2. Membentuk kredibilitas

Apa yang diharapkan oleh pelanggan saat mereka memutuskan untuk membeli produk anda dibanding membeli produk pesaing? Sederhana. Mereka berharap produk anda mampu memberikan solusi yang mereka harapkan, walaupun mungkin produk pesaing juga mampu memberikan hal yang sama.

Namun karena dalam persepsi mereka merk produk anda telah berhasil diidentikkan sebagai sebuah solusi yang paling pas untuk memecahkan masalah mereka, maka produk ini telah berhasil membangun kredibilitas sebagai solusi yang paling sempurna untuk masalah yang tengah mereka hadapi. Pertanyaannya, bagaimana hal ini bisa terjadi?

Bangunlah kredibilitas produk anda dengan baik. Misalnya dengan terus berinovasi untuk menjadi lebih baik. Menunjukkan kualitas layanan yang terbaik bagi para pelanggan. Semakin tinggi tingkat kualitas merk produk anda, maka akan semakin meningkat pula kredibilitas bisnis anda di mata pelanggan.

Sehingga dengan demikian, pelanggan akan mengasosiasikan merk produk anda sebagai solusi sempurna yang tepat bagi permasalahan yang mereka hadapi.

3. Membangun hubungan emosional

Proses branding yang baik mampu menciptakan hubungan emosional antara pelanggan dengan merk. Seringkali pelanggan dalam memutuskan sesuatu lebih menggunakan emosi ketimbang logika.

Misalnya saja ketika pelanggan hendak membeli air minum dalam kemasan. Seperti yang kita ketahui ada banyak air minum dalam kemasan dengan berbagai merk yang dijual di pasaran. Rata-rata harga yang ditetapkan serta kualitasnya hampir sama. Kalaupun berbeda tidak terlalu jauh. Lantas mengapa masih banyak saja orang yang memilih air minum dengan merk Aqua? Padahal masih banyak air minum dengan merk lain yang berkualitas bahkan lebih murah dibanding merk Aqua?

Itulah kekuatan sebuah merk. Aqua telah berhasil membangun proses branding yang sangat baik terhadap pelanggannya. Mereka membangun hubungan emosional yang erat dengan mengkomunikasikan kepada para pelanggannya bahwa selain diproses dengan teknologi tinggi dan higienis sehingga sangat baik bagi kesehatan, Aqua juga turut peduli dengan lingkungan sekitar serta masyarakatnya. Mereka membuat program penghijauan lingkungan, fasilitas air bersih untuk tempat-tempat terpencil, menyediakan beasiswa bagi para pelajar yang kurang mampu, dan lain sebagainya.

Hubungan emosional yang terbentuk dengan baik antara pelanggan dengan merk akan memperkuat citra merk serta perusahaan di masyarakat, yang pada gilirannya memperkokoh posisi merk di peta persaingan.

4. Mampu memotivasi calon pelanggan

Ketika pelanggan telah menerima pesan yang disampaikan oleh merk anda dengan baik. Kemudian kredibilitas anda juga telah terbentuk dalam persepsi mereka, dimana hal ini lantas menciptakan hubungan emosional yang kuat antara merk dengan pelanggan. Setelah hubungan terjalin kuat maka merk tersebut akan menjadi motivasi tersendiri bagi pelanggan untuk secara berkesinambungan terus membeli serta menggunakan produk atau jasa anda.

Inilah hasil yang akan dicapai jika hubungan yang kuat telah terbentuk antara merk dan pelanggan. Mereka akan mengasosiasikan merk anda sebagai solusi terbaik terhadap permasalahan yang mereka hadapi. Dan hal ini hanya dapat tercapai jika tiga poin sebelumnya telah mampu anda laksanakan dengan baik.

Karenanya, fokuskan upaya anda untuk melaksanakan tiga poin diatas dengan sebaik-baiknya agar merk anda mampu memotivasi serta mempengaruhi keputusan pembelian yang dilakukan pelanggan.

5. Membangun pelanggan setia

Jika pelanggan telah membeli produk anda serta merasakan manfaatnya, dan jika proses branding diatas telah berhasil anda lakukan dengan baik maka mereka berpeluang untuk menjadi pelanggan setia anda.

Ingatlah bahwa untuk membangun pelanggan yang setia anda harus melaksanakan proses branding tersebut secara maksimal dan terurut. Karena pada intinya proses tersebut saling berhubungan satu sama lain.

Anda tidak mungkin misalnya mendapatkan pelanggan setia jika merk anda tidak mampu menimbulkan motivasi pada benak pelanggan. Dan motivasi juga tidak mungkin akan terbentuk jika hubungan antara merk dan pelanggan sendiri tidak kuat. Dan juga tidak mungkin hubungan yang kuat terbentuk jika merk anda tidak mempunyai kredibilitas di mata pelanggan. Lantas, bagaimana mungkin kredibilitas bisa terbentuk jika pesan yang hendak disampaikan oleh merk anda sendiri tidak jelas dan tidak fokus?

Kesimpulannya adalah, sekecil apapun usaha yang anda bangun, membangun merk yang kuat dan bernilai tinggi bukanlah sesuatu yang mustahil. Namun tanpa proses branding yang baik maka hal tersebut akan mustahil tercapai. Sebab itu, bangunlah merk anda dengan branding yang baik dan sempurna. Branding yang tepat akan menghasilkan merk yang kuat.


Tinggalkan Balasan

×

Hello! ada yg bisa sy bantu..?

× How can I help you? CHAT me..!